Ternyata Sok Tau Itu Dilarang Allah SWT


Terkadang kita menjumpai ada orang yang kalau ngomong ataupun berbicara itu asal saja alias sok tau, tanpa meneliti dan mengetahui apa yang dibicarakannya itu benar atau tidak. Padahal sok tau itu dilarang keras oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (Q.S. Al-Israa’ : 36)

Di ayat di atas Allah SWT dengan jelasnya menjelaskan bahwa kita dilarang untuk berbicara ataupun bertindak tanpa pengetahuan, dengan kata lain kita dilarang untuk sok tau. Karena apa? Karena semua yang kita lakukan akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT.

Maka dari itu, marilah kita bertindak ataupun berbicara sebaiknya dengan ilmu dan pengetahuan, bukan seenaknya saja. Atau kalau kita tidak bisa berbicara dengan ilmu maka lebih baik kita diam dan menjawab “tidak tahu” atau “kurang tahu”.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment