Teladan Berdoa Nabi Zakariya AS Yang Begitu Indah


Nabi Zakariya AS adalah seorang Nabi yang diutus Allah SWT kepada Bani Israil. Nama beliau disebut 8 kali di Al-Quran dan beliau masih keturunan dari Nabi Sulaiman AS. Al-Quran memberikan kita pelajaran berharga tentang teladan do’a Nabi Zakariya AS yang begitu indah.

Berdo’a dengan suara yang lembut

yaitu tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut. (Q.S. Maryam : 3)

Nabi Zakariya AS sangat patuh dan taat kepada Allah SWT, bahkan ketika dia berdo’a pun dengan suara yang lembut karena begitu khusyu’nya

Lihatlah betapa indahnya do’a Nabi Zakariya AS dengan mengadukan kondisinya kepada Allah SWT dan tidak lupa memuji Allah SWT.

Ia berkata "Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya'qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai." (Q.S. Maryam : 4-6)

Begitu indah bukan? Beliau berdo’a agar anaknya mewarisi sebagian keluarga Nabi Ya’qub AS, maksudnya agar dia memiliki ketakwaaan dan keteguhan iman seperti sebagian keluar Nabi Ya’qub AS. Dan tidak lupa dia meminta agar anaknya kelak adalah seorang yang diridhoi oleh Allah SWT.

Dan pada akhirnya Allah SWT pun mengabulkan do’a Nabi Zakariya AS dengan menganugerahkan seorang putera yaitu Nabi Yahya AS yang begitu sholih bahkan Allah SWT menjadikannya seorang nabi.

Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia. (Q.S. Maryam : 7)

Sebuah teladan yang begitu berharga untuk kita jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga