Sosok Malaikat Jibril AS di Al-Quran


Malaikat Jibril AS adalah malaikat yang paling banyak dibicarakan di Al-Quran. Beliau memiliki wajah dan bentuk yang indah. Beliau adalah sosok yang mengantarkan wahyu kepada Nabi-Nabi Allah SWT dan beliau juga pernah menemai Rasulullah SAW ketika Isra’ Mi’raj. Beliau pernah menampakkan dirinya dalam bentuk yang asli kepada Rasulullah SAW di Sidratil Muntaha.

Allah SWT berfirman :

Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. (Q.S. An-Najm : 13-14)

Malaikat Jibril AS juga adalah sosok yang sangat kuat dan cerdas, sebagaimana firman-Nya :

yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat. yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli. (Q.S. An-Najm : 5-6)

Di Al-Quran Allah SWT pernah menyebut Malaikat Jibril AS dengan sebutan “roh”

maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna. (Q.S. Maryam : 17)

Malaikat Jibril AS juga memiliki nama lain yaitu Ar-Ruh Al-Amin dan Ruhul Qudus

dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 193)

Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan Al Kitab (Taurat) kepada Musa, dan Kami telah menyusulinya (berturut-turut) sesudah itu dengan rasul-rasul, dan telah Kami berikan bukti-bukti kebenaran (mukjizat) kepada Isa putera Maryam dan Kami memperkuatnya dengan Ruhul Qudus… (Q.S. Al-Baqarah : 87)

Beliau adalah utusan Allah SWT yang mulia

sesungguhnya Al Quran itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), (Q.S. At-Takwiir : 19)

Demikianlah sosok penggambaran Malaikat Jibril AS di Al-Quran, tentu masih banyak lagi bagaimana Malaikat Jibril AS itu yang juga banyak dibahas di hadits-hadits Rasulullah SAW.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment