Sholat Itu Membentuk Akhlak Yang Mulia



Kita semua mengetahui bahwasannya sholat itu adalah kewajiban bagi orang mukmin dan mukminat yang tidak bisa tidak dikerjakan dalam keadaan apapun.

Allah SWT berfirman :
…Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (Q.S. An-Nisaa’ : 103)

Sholat itu bukan hanya sekedar ibadah, mendapat pahala, atau mendekatkan diri kepada Allah SWT saja. Tetapi sholat itu juga dapat membentuk akhlak yang mulia.

Allah SWT berfirman :
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 45)

Di ayat di atas Allah SWT menjelaskan bahwasannya sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar, jadi jika seseorang yang sholatnya dengan benar dan benar-benar dia sholat maka sholatnya itu memiliki nilai tambah yaitu terhindar dari perbuatan keji dan mungkar, sehingga akan terbentuk akhlak yang baik, taat kepada Allah SWT, dan menjauhi larangan-Nya. Kenapa bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar? Karena jikalau kita benar-benar ikhlas dan khusyu’ sholat kepada Allah, maka jiwa kita yang selalu mengingat Allah dan pikiran kita yang hanya tertuju kepada Allah ketika sholat memberikan efek bagi pribadinya pula setelah sholat itu.


Semoga bermanfaat.


Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment