Ini Dia Caranya Agar Do’a Kita Dikabulkan Oleh Allah


Kita mendapat kabar dari Al-Quran bahwasannya Allah SWT adalah tempat bergantungnya seluruh makhluk-Nya dan segala sesuatu.
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (Q.S. Al-Ikhlash : 2)

Jadi sudah sepatutnya dan sewajarnya jikalau kita meminta, memohon, dan berdoa itu hanya kepada-Nya saja.  
dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat. (Q.S. Huud : 3)

Lalu bagaimana caranya agar do’a dan keinginan kita dikabulkan oleh Allah SWT? Caranya adalah dengan memenuhi segala perintah-Nya dan senantiasa beriman kepada-Nya.
Allah SWT berfirman :
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Q.S. Al-Baqarah : 186)

Lalu, tidak sedikit dari umat Islam bertanya-tanya kenapa Allah SWT mengabulkan do’a dari orang kafir dan membuat kehidupan mereka begitu senangnya dan riangnya. Tapi itu semua memang hak pribadi Allah SWT mau mengabulkan atau tidaknya do’a seseorang itu. Ketahuilah bahwa ada hikmah dibalik semua ini.

Tetapi ingatlah pesan dari junjungan kita Baginda Rasulullah SAW berikut.
“Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir.” (HR. Muslim)
Dari Anas bin Malik RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda :
“Ya Allah, tidak ada kehidupan yang sejati selain kehidupan akhirat.” (HR. Muslim)

Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment