Hati-Hati, Orang Yang Sholat Aja Ada Yang Celaka


Mungkin ada yang heran dan marah dengan judulnya, tetapi memang sudah Allah SWT firmankan di dalam Al-Quran tentang hal ini :
Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna. (Q.S. Al-Maa’uun : 4-7)

Hal pertama yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya. Salah satu contoh orang yang lalai dari shalatnya adalah memperlama shalatnya atau sengaja menunda waktu shalatnya. Padahal Allah SWT telah mengatakan bahwa shalat itu sudah ada ketetapan waktunya dan harus dilakukan sesegera mungkin. Allah SWT berfirman :
…. Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (Q.S. An-Nisaa’ : 103)

Kemudian tentang orang-orang yang berbuat riya, semua hal kebaikan yang kita lakukan akan mendapat ridho dan ganjaran kebaikan pula selama kita ikhlas karena Allah Ta’ala. Tetapi jika kita berbuat riya’ dengan menyombongkan kebaikan kita itu untuk mendapat pujian dari orang lain, dan bukan lagi ikhlas karena Allah Ta’ala semata maka amal itu akan sia-sia. Maka dari itu kita harus ingat ayat Allah SWT yang satu ini.
Katakanlah : sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (Q.S. Al-An’aam : 162)

Dan yang terakhir adalah orang yang enggan memberikan bantuan dengan barang yang berguna. Jadi jikalau orang yang shalatnya begitu rajin tetapi dia berlaku pelit, tidak mau menolong sesamanya dengan barang berguna, tidak perduli dengan tetangganya, maka ibadahnya itu akan sia-sia di sisi Allah SWT.

Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari orang yang celaka dalam shalatnya dan semoga segala ibadah kita diterima oleh Allah SWT


Semoga bermanfaat. 
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. dengan membaca artikelini...saya telah sadar kesalahan saya dalam sholat....terima kasih atas infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau begitu mas, iya sama-sama mas

      Delete
  2. bermanfaat banget artikelnya sob

    ReplyDelete
  3. saya boleh minta izin,me re posting artikel ini...dengan pengubahan di dalamnya,di perbolehkan atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya silahkan-silahkan, tetapi sebaiknya mencantumkan sumber nya ya

      Delete
  4. makasih infonya gan, bertambah lagi ilmu pengetahuan saya mengenai sholat

    ReplyDelete