Hati-Hati Dengan Kehidupan Dunia Ini


Allah SWT telah menjelaskan kepada kita bahwa kehidupan dunia ini adalah kesenangan yang memperdaya, sehingga kita harus berhati-hati terhadapnya

….Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (Q.S. Ali ‘Imran : 185)

Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (Q.S. Faathir : 5)

Bahkan Allah SWT menyebutnya sebagai kehidupan yang melalaikan dan menipu.

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (Q.S. Al-Hadiid : 20)

Kenapa Allah SWT menyebut kehidupan dunia itu adalah kesenangan yang menipu? Karena kehidupan dunia itu bersifat sementara dan tidak kekal. Karena kehidupan yang kekal adalah akhirat.

Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal. (Q.S. Al-Mu’min : 39)

Untuk kesekian kalinya Allah SWT memberi tahu kita bahwa kehidupan dunia ini adalah senda gurau dan permainan saja. Dan kehidupan yang abadi dan sebenarnya adalah akhirat.

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 64)

Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya? (Q.S. Al-An’aam : 32)

Jadi marilah kita berhati-hati dan tetap mementingkan kehidupan akhirat dibandingan kehidupan dunia dengan tidak melupakan bagian kita di dunia. Karena kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal.

Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal. (Q.S. Al-A’laa : 17)


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment