Gelar yang Diberikan Allah SWT Kepada Nabi Nuh AS


Nabi Nuh AS adalah Rasul pertama Allah SWT di muka bumi ini, beliau berdakwah siang malam agar kaumnya kembali kepada jalan kebenaran dan kembali menyembah Allah SWT Yang Maha Esa. Ketabahan beliau dalam berdakwah, kesabarannya melawan fitnah kaumnya dan kerja kerasnya untuk mengajak kaumnya kembali ke jalan Allah SWT membuat beliau termasuk salah satu rasul ulul ‘azmi. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwasannya Nabi Nuh AS memiliki gelar yang Allah SWT sendiri yang memberikannya.

Allah SWT berfirman :
(yaitu) anak cucu dari orang-orang yang Kami bawa bersama-sama Nuh. Sesungguhnya dia adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur. (Q.S. Al-Israa’ : 3)

Pada Surat Al-Israa’ Allah SWT memberi gelar nama bagi Nabi Nuh AS dengan nama ‘Abdusy Syakur yang berarti hamba yang bersyukur. Gelar ini diberikan Allah SWT kepada Nabi Nuh AS karena di setiap keadaan dan kondisi, dalam keadaan senang maupun sedih, dan dalam keadaan difitnah, diejek, dicaci, diancam oleh kaumnya kepada Allah SWT. Ketaatan dan kesyukuran Nabi Nuh AS dibuktikan dengan terkabulnya do’a Nabi Nuh AS agar Allah SWT menenggelamkan kaumnya yang durhaka.


Semoga bermanfaat
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment