Apa Sebenarnya Pohon Zaqqum Itu? Berikut Penjelasannya


Kita menjumpai beberapa ayat Al-Quran yang menyebut dan membahas tentang pohon Zaqqum. Lalu sebenarnya apa itu pohon Zaqqum sehingga Al-Quran menyebutnya untuk beberapa kali di beberapa surah. Lihatlah bagaimana Allah SWT menggambarkan bagaimana pohon zaqqum itu di Al-Quran.

Sesungguhnya dia (pohon Zaqqum) adalah sebatang pohon yang ke luar dan dasar neraka yang menyala. mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 64-65)

Pohon ini adalah makanan bagi orang-orang yang berdosa di neraka. Sebagaimana firman-Nya :

Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Q.S. Ad-Dukhaan : 43-44)

Pohon ini dijadikan Allah SWT sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim dan ingkar kepada Allah SWT dan Rasul-Nya

Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 63)

Allah SWT juga menamai pohon ini dengan nama “pohon kayu yang terkutuk”

Dan (ingatlah), ketika Kami wahyukan kepadamu: "Sesungguhnya (ilmu) Tuhanmu meliputi segala manusia." Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran. Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka. (Q.S. Al-Israa’ : 60)

Dan inilah siksaan Allah SWT bagi para pemakan buah dari pohon Zaqqum ini

Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka Jahim. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 66-68)

Tidak hanya itu, Al-Quran juga menjelaskan siksaan lainnya

Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya. Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas. Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum. Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan." (Q.S. Al-Waaqi’ah : 51-56)

Mari kita persiapkan diri kita untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan kita di hadapan Allah SWT kelak.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment