Anjuran Mengucapkan "Insya Allah" di Al-Quran




Allah SWT adalah Dzat Yang Menentukan Segala Sesuatu yang terjadi di dunia ini, Dialah Tuhan Yang Maha Perkasa dan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maka dari itu kita tidak bisa memastikan besok kita akan hidup atau memastikan sesuatu yang kita rencakan ke depannya. Maka dari itu kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengucapkan “Insya Allah” yang berarti jika Allah menghendaki. Al-Quran menyebut beberapa kali kalimat ini sehingga menunjukkan begitu pentingnya kita mengucapkan Insya Allah ini. Bahkan para nabi pun mengucapkan Insya Allah, karena segala sesuatu akan terjadi dengan izin-Nya. Berikut adalah penjelasan Al-Quran mengenai “Insya Allah”.

1. Anjuran mengucapkan Insya Allah

Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini." (Q.S. Al-Kahfi : 23-24)

2. Allah SWT sendiri yang mengajarkan kepada kita untuk mengucapkan Insya Allah

Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya, tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut. Maka Allah mengetahui apa yang tiada kamu ketahui dan Dia memberikan sebelum itu kemenangan yang dekat. (Q.S. Al-Fath : 27)

3. Kaum Nabi Musa AS mengucapkan mengucapkan Insya Allah

Mereka berkata: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami agar Dia menerangkan kepada kami bagaimana hakikat sapi betina itu, karena sesungguhnya sapi itu (masih) samar bagi kami dan sesungguhnya kami insya Allah akan mendapat petunjuk (untuk memperoleh sapi itu)." (Q.S. Al-Baqarah : 70)

4. Nabi Yusuf AS mengucapkan Insya Allah

Maka tatkala mereka masuk ke (tempat) Yusuf: Yusuf merangkul ibu bapanya dan dia berkata: "Masuklah kamu ke negeri Mesir, insya Allah dalam keadaan aman." (Q.S. Yusuf : 99)

5. Nabi Musa AS mengucapkan Insya Allah

Musa berkata: "Insya Allah kamu akan mendapati aku sebagai orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam sesuatu urusanpun." (Q.S. Al-Kahfi : 69)

6. Nabi Syu’aib AS mengucapkan Insya Allah

Berkatalah dia (Syu'aib): "Sesungguhnya aku bermaksud menikahkan kamu dengan salah seorang dari kedua anakku ini, atas dasar bahwa kamu bekerja denganku delapan tahun dan jika kamu cukupkan sepuluh tahun maka itu adalah (suatu kebaikan) dari kamu, maka aku tidak hendak memberati kamu. Dan kamu Insya Allah akan mendapatiku termasuk orang- orang yang baik." (Q.S. Al-Qashash : 27)

7. Nabi Isma’il AS mengucapkan Insya Allah

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar." (Q.S. Ash-Shaaffaat : 102)

Jadi mengucapkan Insya Allah itu sangat dianjurkan karena ini perintah Allah SWT di dalam Al-Quran, bahkan Dia memberi contoh dengan ucapan beberapa nabi.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment