Pelajaran Penting Dari Surat Nabi Sulaiman AS



Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri." (Q.S. An-Naml : 30-31)

Firman Allah SWT di atas adalah isi dari surat Nabi Sulaiman ‘AS kepada Ratu Balqis. Ayat di atas juga menjelaskan bahwa Nabi Sulaiman ‘AS meminta kepada Ratu Balqis agar datang kepadanya dengan tidak berlaku sombong dan datang sebagai orang-orang yang berserah diri.

Dari ayat yang merupakan isi surat Nabi Sulaiman ‘AS tersebut memiliki pelajaran dan hikmah yang begitu penting untuk untuk kita. Berikut adalah di antaranya :

1. Memulai segala sesuatu yang baik harus didahulukan dengan menyebut nama Allah SWT, di antara yang diajarkan-Nya di ayat tersebut adalah bacaan “Bismillaahirrahmaanirrahiim” yang mengandung arti Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, jadi kita harus mendahulukan semua kegiatan yang baik-baik dengan menyebut nama Allah SWT seperti mengirim surat (meskipun kepada orang yang kafir sebagaimana ayat di tersebut bahwa Ratu Balqis adalah seorang yang kafir), pergi keluar rumah, berkendara, ujian/test, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Kita harus senantiasa mengingatkan dan menyuruh semua orang (termasuk orang kafir) agar jangan berlaku sombong, karena itu adalah perbuatan tercela dan perbuatan yang buruk sekali.

3. Kita harus senantiasa mengingatkan semua orang (termasuk orang kafir) untuk selalu berserah diri (ikhlas, tidak sombong, berfikir positif dan tidak berfikir negatif)

4. Kita harus menerima undangan (undangan kebaikan) dari orang lain tanpa ada rasa sombong dan dengan berserah diri.


Semoga pembahasan di atas bermanfaat bagi kita semua

Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar:

  1. sangat bermanfaat nih,menambah wawasan agama

    ReplyDelete
  2. informasi bermanfaat sekali semoga berkah blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Amiin Ya Allah. Terima kasih mas

      Delete
  3. Alhamdulillah nambah ilmu. Makasih gan

    ReplyDelete