Sistematika Perhitungan Matematika di Al-Quranul Karim



1.             Pertambahan (Surat Al-Kahfi : 25)

Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).

               Ayat di atas menjelaskan pertambahan antara 300 dan 9, sehingga 309 tahun. Jadi sebenarnya ayat di atas adalah tentang pemuda al-kahfi yang ditidurkan Allah selama 309 tahun.

2.             Pengurangan (Surat Al-‘Ankabuut : 14)

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun. Maka mereka ditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orang yang zalim.

               Ayat di atas merupakan pengurangan antara 1000 dengan 50, jadi 950. Dalam waktu 950 tahunlah Nabi Nuh tinggal bersama kaumnya.

3.             Pembagian (Surat An-Nisaa’ : 11)

Allah mensyari'atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu : bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua, maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, maka ia memperoleh separo harta. Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

               Ayat di atas merupakan penjelasan tentang warisan, maka ayat di atas ada yang mengatakan “satu per tiga” ataupun “dua per tiga”. Sedangkan satu per tiga itu artinya 1 dibagi 3, alias 0,33 atau 1/3 dan dan dua per tiga itu artinya 2 dibagi 3, alias 0,67 atau 2/3.

4.             Perkalian (Surat An-Nuur : 4)

Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik.

               Ayat di atas menjelaskan hukuman bagi orang-orang yang menuduh wanita baik-baik berbuat zina dan tidak mendatangkan 4 orang saksi, jadi dideralah mereka sebanyak 80 kali dera. Sedangkan arti 80 kali adalah 1 kali, 1 kali, 1 kali sampai 80 kali jadilah dia 80 kali atau bisa juga 1 ditambah 1 ditambah 1 sampai dengan 80 kali. Itu juga disebut 80 kali.



Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment