Pertanian sebagai Pekerjaan/Ibadah/Aktivitas yang Mulia


Petani adalah seseorang yang mengolah lahan pertanian. Dari hasil pertanian tersebut digunakan untuk memenuhi kehidupan makhluk hidup khususnya manusia, terutama dalam segi pangan. Sungguh mulianya pekerjaan petani. Tak terbayangkan apabia tak ada petani dari mana kita bisa makan dengan nikmat. Allah menugaskan manusia agar melindungi dan melestarikan alam ini. Salah satunya dengan mengolah lahan atau tanah yang kosong menjadi lahan pertanian yang bermanfaat bagi semua makhluk hidup. Dikatakan bagi semua makhluk hidup karena hewan dan serangga pun juga menikmati hasil pertanian. Sebagaimana yang telah Allah jelaskan pada ayat suci Al-Quran berikut,

Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui” (Surah Al Baqarah : 22)

“(33) Dan suatu tanda (kebesaran Allah) bagi mereka adalah bumi yang mati (tandus). Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan darinya biji-bijian, maka dari (biji-bijian) itu mereka makan. (34) Dan Kami jadikan padanya di bumi itu kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, (35) Agar mereka dapat makan dari buahnya, dan dari hasil usaha tangan mereka. Maka mengapa mereka tidak bersyukur.” (Surah Yasin : 33-35)

Sumber : gamaisunsoed.blogspot.com
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment