Pertanian Sebagai Ilmu dan Teknologi di Al-Quran


Perternakan, perikanan, dan kehutanan pun termasuk kategori pertanian. Dalam mengelolanya dibutuhkan ilmu pengetahuan. Hal ini agar mendapatkan hasil yang diharapkan. Maka, karena itu ilmu pengetahuan penting dalam pertanian. Bahkan Allah pun menaikkan derajat bagi penuntut ilmu, sebagaimana firman Allah dalam kitab Al-Quran,

“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Surah Al-Mujadilah Ayat 11)

Pentingnya menuntut ilmu dalam hadits banyak dijelaskan, contohnya dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,
“Rasulullah salallaahu’alayhi wassallaam bersabda: “Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan jalan baginya menuju syurga.”

Sumber : gamaisunsoed.blogspot.com
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment