Penjelasan Pengairan Alami dan Buatan di Al-Quran


Berikut penjelasan Al-Quran tentang "Pengairan Alami dan Buatan" pada surah QS. Al Baqarah : 265,


وَمَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمُ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ وَتَثْبِيتًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ كَمَثَلِ جَنَّةٍ بِرَبْوَةٍ أَصَابَهَا وَابِلٌ فَآتَتْ أُكُلَهَا ضِعْفَيْنِ فَإِنْ لَمْ يُصِبْهَا وَابِلٌ فَطَلٌّ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya :
“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (QS. Al Baqarah : 265)


Dalam proses pengairan Alami,tumbuhan tidak memerlukan bantuan dari tangan manusia,manusia hanya meraawat tumbuhan itu akan hidup mandiri sesuai dengan firman Allah diatas, tumbuhan yang hidup di daaratan tinggi akan hidup lebih baik karna tumbuhan itu akan mencari air yang lebih dalam,akarnya akan mencari dari sumber air,jika air itu dalam maka Akar tumbuhan akan memanjang mencari sumber air,dengan memanjangnya akar tumbuhan akan semakin kuat tumbuhan itu berdiri,sedangkan tumbuhan yang hidup ditanah yang lebih rendah atau sejajar dengan sumber airmaka tumbuhan itu kurang asupan udara yang mencukupi yang akan berakibat fatal yang membuat akarnya tidak agi memanjang karna sumber airnya telah dekat dan akan banyak akar-akar yang akan mati.
Air memang sangat diperlukan oleh tumbuhan tetapi tidak berlebih,jika air yang terlalu banyak akan membuat tanaman mengalami kejenuhan,dan jika air itu semakin tinggi tentunya menjadi ancaman bagi tumbuhan karna akan ada penyakit yang akan menyerang tumbuhan karna semakin meningginya air dan lama kelamaan akan mengalami kematian pada tumbuhan itu sendiri.

Sumber : merantikepulauanku.blogspot.com
Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment