Keserasian Kata Perhitungan Waktu di Al-Quran


1. Kata hari (yaum) disebut sebanyak 365 kali, sebanyak hari-hari dalam setahun. Seperti Surat Al-Fatihah : 4

Yang menguasai di Hari Pembalasan. (Al-Faatihah : 4)

2. Kata hari yang berbentuk plural (ayyaam) atau dua (yaumaini), jumlah keseluruhannya hanya 30 kali, sama dengan jumlah hari dalam sebulan. Seperti Surat Al-Baqarah : 203

Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya. (Al-Baqarah : 203)

3. kata yang berarti bulan (syahr) hanya terdapat 12 kali, sama dengan jumlah bulan dalam setahun. Seperti Surat Al-Baqarah : 194

Bulan haram dengan bulan haram, dan pada sesuatu yang patut dihormati, berlaku hukum qishaash. Oleh sebab itu barangsiapa yang menyerang kamu, maka seranglah ia, seimbang dengan serangannya terhadapmu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah, bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (Al-Baqarah : 194)

Pembahasan di atas adalah tentang banyaknya kata di dalam Al-Qur’an yang memang tepat dalam fakta ilmiah, seperti banyaknya hari dalam setahun, banyaknya bulan dalam setahun dan banyaknya hari dalam sebulan.


Share on Google Plus

- Al-Quran Pedia

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment