(49) Khasiat Surah Al-Hujuraat


Surat Al Hujuraat terdiri atas 18 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah, diturunkan sesudah surat Al Mujaadalah. Dinamai Al Hujuraat diambil dari perkataan Al Hujuraat yang terdapat pada ayat 4 surat ini. Ayat tersebut mencela para sahabat yang memanggil Nabi Muhammad SAW yang sedang berada di dalam kamar rumahnya bersama isterinya. Memanggil Nabi Muhammad SAW dengan cara dan dalam keadaan yang demikian menunjukkan sifat kurang hormat kepada beliau dan mengganggu ketenteraman beliau.

Pokok-Pokok Isinya:

1. Keimanan:
Masuk Islam harus disempurnakan dengan iman yang sebenarnya.

2. Hukum-hukum:
Larangan mengambil keputusan yang menyimpang dari ketetapan Allah dan rasul-Nya; keharusan meneliti sesuatu perkabaran yang disampaikan oleh orang yang fasik; kewajiban mengadakan islah antara orang muslim yang bersengketa karena orang-orang Islam itu bersaudara; kewajiban mengambil tindakan terhadap golongan kaum muslimin yang bertindak aniaya terhadap golongan kaum muslimin yang lain; larangan mencaci, menghina, dsb; larangan berburuk sangka; bergunjing dan memfitnah dll.

3. Dan lain-lain:
Adab sopan santun berbicara dengan Rasulullah SAW. Allah menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar satu sama lain kenal-mengenal; setiap manusia sama pada sisi Allah, kelebihan hanya pada orang-orang yang bertakwa; sifat-sifat orang-orang yang sebenar-benarnya beriman.

Berikut adalah khasiat daripada Surah Al-Hujurat :
-Kerasukan
-Ibu dan anak dalam kandungan
Share on Google Plus

- Unknown

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ artinya : "Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya."
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. Syukron atas penjelasan ringkasnya admin, semoga Allah Ta'qla menjaga mu dalam kebaikan

    ReplyDelete
  2. Syukron atas penjelasan ringkasnya admin, semoga Allah Ta'qla menjaga mu dalam kebaikan

    ReplyDelete
  3. ALLAHUMMA SHOLLI 'ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA'ALA AALI SAYYIDINA MUHAMMAD ✨🤍✨🤍✨🤍✨

    ReplyDelete