Energi Kinetik di Dalam Al-Quran


    Kita kali ini akan membahas tentang penjelasan energi kinetik yang terdapat di dalam Al-Quranul Karim. Energi Kinetik adalah energi yang dimiliki suatu benda karena geraknya. Langsung saja kita membuka ayat yang menjadi pembahasan utama kita. Yaitu di dalam Surah Asy Syu'araa' ayat 60.

Allah Swt. Berfirman :

Maka Fir'aun dan bala tentaranya dapat menyusuli mereka di waktu matahari terbit.

    Ayat di atas menjelaskan peristiwa perginya kaum Nabi Musa AS dari kerajaan Fir’aun pada waktu itu. Jadi Allah mewahyukan kepada Nabi Musa untuk membawa hamba-hamba-Nya yang beriman untuk keluar dari Mesir pada waktu Subuh. Akan tetapi Fir’aun mengetahui rencana Nabi Musa untuk keluar dari Mesir. Jadi Fir’aun dengan segera bersama bala tentaranya mengejar Nabi Musa dan kaumnya. Pada saat peristiwa pengejaran inilah secara tidak sengaja terjadi peristiwa energi kinetik, baik itu ketika Fir’aun dan bala tentaranya mengejar Nabi Musa dan kaumnya, maupun ketika Nabi Musa dan kaumnya yang berusaha lari dari kejaran Fir’aun dan pasukannya.

    Energi kinetik dipengaruhi oleh massa benda dan kecepatan benda. Sedangkan Fir’aun dan bala tentaranya memiliki massa dan kecepatan ketika mengejar Nabi Musa begitupula Nabi Musa yang memiliki massa dan kecepatan ketika lari dari kejaran Nabi Musa AS. Subhanallah, Allah begitu luas ilmu pengetahuan-Nya. Walaupun hanya menjelaskan secara tersirat, tetapi Allah dengan KeMaha Besaran-Nya menunjukkan bahwa dengan 1 ayat, Dia dapat menjelaskan lebih dari 1 ilmu pengetahuan.

Wallahu’alam Bishshowab
Share on Google Plus

-

-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Baca Juga